13 Maret 2012

Tips Mengelola Waktu


Untuk mencapai semua tujuan, Anda harus dapat mengendalikan waktu Anda. Para psikolog umumnya sepakat bahwa "rasa kendali" adalah kunci untuk perasaan kebahagiaan, kepercayaan diri, kekuasaan dan kesejahteraan pribadi. Rasa kontrol hanya mungkin bila Anda melatih kemampuan manajemen waktu yang sangat baik. Menurut Bryan Tracy dalam
bukunya: Manage your Time Well, ada lima tips mengelola waktu dengan baik, yaitu:

Pilihan dan keputusan
Jika sisi depan koin kesuksesan adalah kemampuan untuk menetapkan tujuan yang jelas untuk diri sendiri, maka sisi lain dari mata uang yang sama adalah kemampuan untuk mendapatkan diri Anda terorganisir dan mengerjakan tugas - tugas. Anda yang paling berharga, setiap menit dan setiap hari. Untuk saat ini, pilihan dan keputusan Anda telah bergabung dengan kehidupan Anda. Untuk mengubah atau memperbaiki hidup Anda dengan cara apapun, Anda harus membuat pilihan dan keputusan baru yang lebih selaras dengan siapa Anda sebenarnya dan apa yang Anda inginkan.

Melakukan hal yang benar
Satu-satunya cara yang dapat Anda tentukan benar atau salah, penting atau kurang penting, prioritas tinggi atau rendah, terlebih dahulu menentukan tujuan Anda pada saat itu. Mulai saat itulah, Anda dapat membagi semua aktivitas Anda untuk dapat melakukan kegiatan "A" atau "B". Aktivitas "A" adalah sesuatu yang menggerakkan Anda menuju sasaran, lebih cepat, langsung dan yang lebih baik. Kegiatan "B" adalah kegiatan yang tidak menggerakkan Anda menuju tujuan yang penting menurut Anda.

Mulailah dengan list
Alat dasar manajemen waktu adalah daftar dan urutan prioritas. Faktanya adalah bahwa Anda tidak bisa mengelola waktu, Anda hanya bisa mengatur diri Anda sendiri. Itulah, mengapa manajemen waktu memerlukan disiplin diri, kontrol diri dan penguasaan diri. Manajemen waktu mengharuskan Anda membuat pilihan terbaik dan keputusan yang diperlukanuntuk meningkatkan kualitas hidup dan pekerjaan. Kemudian menindaklanjuti keputusan Anda.

Gunakan perencanaan lebih lanjut
Mulailah hari ini untuk merencanakan setiap di awal minggu, sebaiknya hari minggu sebelum mulai hari kerja. Rencanakan setiap hari di muka, sebaiknya malam sebelumnya. Ketika Anda membuat daftar, tuliskan semua yang akan Anda lakukan pada hari berikutnya. Ketika Anda bangun di pagi hari, Anda akan sering memiliki ide-ide dan wawasan untuk membantu mencapai item pada daftar Anda.

Pisahkan urgensi dengan yang penting.
Dalam proses mengelola waktu, Anda harus memisahkan tugas-tugas penting dari yang penting. Tugas mendesak ditentukan oleh tekanan eksternal dan Anda harus segera melakukannya.
Semoga bermanfaat.
Penulis
Lisa ryani
Sumber : www.mditack.co.id

0 komentar:

Posting Komentar