10 September 2013

15 Cara membuat bayi lebih cerdas

1. LAKUKAN KONTAK MATA

Manfaatkan saat – saat singkat ketika bayi anda baru lahir dan membuka matanya. Tatap langsung matanya. Menurut penelitian, bayi sudah mengenali wajah sejak dini. Dan menatap anda, dia membangun ingatannya.

2. AJAK MENGOBROL

Jangan ragu untuk mengajaknya ngobrol. Meski reaksinya Cuma tatapan kosong dari bayi anda. Namun otaknya akantetap mengisi bagian yang kosong dengan irama kalimat anda. Karenanya saat ngobrol, sesekali berhenti untuk memberinya kesempatan mengisi memorinya.

3. BERIKAN ASI

Penelitian menunjukan, bayi yang diberi ASI akan mempunyai IQ yang lebih tinggi daripada bayi yang tidak diberi ASI. Selain itu, memberikan ASImerupakan waktu istimewa untuk mengakrabkan anda dan bayi anda. Sementara anda memberinya ASI, anda bias menyanyi, berbicara, atau hanya sekedar mengelus-elus rambut halusnya.

4. AJARKAN GERAKAN

Berbagai studi menunjukan, bayi yang berusia 2 hari sudah bias meniru gerakan-gerakan wajah yang sederhana, misalnya menjulurkan lidah. Nah, ajarkan hal ini dengan menjulurkan lidah padanya. Ini pelajaran yang sangat berharga untuknya.

5. PERLIHATKAN BAYANGAN

Bawa bayi anda kedepan cermin. Pertama kali, dia mungkin mengira dia melihat bayi mingil lainnya. Dan dia akan senang membuat bayi yang lain itu menggerakkan tangannya dan tersenyum.

6. PANCING RASA HUMORNYA

Tertawa adalah langkah pertama dalam mengembangkan rasa humor bayi anda. Anak yang periang dan gampang tertawa lebih gampang menjalani hidupnya karena bias mengatasi stress. Bermain dengan menggelitik telapak kaki, terus keatas sampai kebawah dagu bayi adalh salah satu cara yang tepat untuk memencing selera humornya. Permainan ini akan mengajari bayi anda cara mengantisipasi sesuatu.

7. AJARI PERBEDAAN

Pegang 2 gambar dengan jarak sekitar 40-50 cm dari wajah bayi anda. Pilih gambar yang serupa, tapi ada sedikit perbedaan. Misalnya, gambar yang satu ada pohonnya, yang lain tidak. Bahkan bayi yang kecil pun akan bolak balik melihat kedua gambar itu untuk membedakan bentuk-bentuk, yang merupakan awal dari tingkatan mengenali dan membaca dikemudian hari.

8. BERBAGI PEMANDANGAN

Ajak bayi anda jalan-jalan dengankeretanya, atau dalam gendongan anda. Lalu ceritakan apa yang anda lihat. “Eh, ada kucing kecil”, atau “Lihat, itu pohon besar!”atau “Tadi dengar, nggak, bunyi klakson mobil?” untuk memberi kesempatan kepada bayi anda membangun perbendaharaan kata yang tak terbatas.

9. AJAK MENYANYI

Pelajari sebanyak mungkin lagu, atau karang syairnya sendiri. Misalnya, “Beginilah caranya mengganti popok, popok,popok dang anti popok.” Putarkan musik instrumental, atau bahkan lagi pop yang tengah kondang. Beberapa riset menyatakan, belajar irama musik berkaitan dengan belajar matematika.

10. AJARI KEBIASAAN

Gunakan waktu mengganti popok untuk mengajari bayi anda tentang bagia-bagian tubuh atau jenis-jenis baju. Memberi penjelasan membantu bayi anda belajar menghadapi kebiasaan.

11. MENGAJARI KOORDINASI

Berbaringlah dilantai dan biarkan bayi anda naik dan merangkak diatas badan anda. Ini jauh lebih murah dibandingkan dengan latihan gym dan jauh lebih menyenangkan. Anda akan membantu meningkatkan koordinasi dan ketrampilan-ketrampilan menyelesaikan masalah.

12. SELINGAN MENYENANGKAN

Sesekali, selingi acara menyanyi dan menari dengan mngajak bayi anda ke supermarket. Beragam wajah, bunyi, dan warna memberikan hiburan yang sempurna untuk bayi anda.

13. BERI ISYARAT

Jika anda mengumumkan, “Saya akan mematikan lampu sekarang” sebelum menekan tombol, anda akan mengajari bayi anda hubungan sebab dan akibat.

14. AJARI ANTISIPASI

Sekali-kali, beri kejutan kepada bayi anda dengan meniup pelan wajahnya, tangannya, atau perutnya. Buat pola dari napas anda dan perhatikan reaksi atau caranya mengantisipasi.

15. LATIHAN SENSORIK

Jika bayi anda senang menarik tissuekeluar dari kotaknya, izinkan dia. Anda hanya menghabiskan beberapa sen untuk melatih sensori, bahwa dia dapat menggumpalkan atau meratakan. Sembunyikan mainan kecildibawahnya, lalu senangkan bayi anda dengan memperlihatkannya lagi.

0 komentar:

Posting Komentar